Pantaskah Orang Ini Disebut The Next Steve Jobs?

Technology -

Headline

YahooTrend, Beijing - Lei Jun mendirikan produsen smartphone Xiaomi baru tiga tahun silam, tetapi ia sukses membangun bisnis bernilai US$10 miliar.



Di negeri asalnya, China, Xiaomi bahkan sukses menjual smartphone lebih banyak dari Apple. Di Negeri Tirai Bambu tersebut, ia sering sekali dibanding-bandingkan dengan figur legendaris Apple, Steve Jobs.



Namun ia menampik perbandingan tersebut dan menyebut perbedaan antara Xiaomi dan Apple.


"Mereka (Apple) benar-benar tidak peduli tentang apa yang pengguna inginkan. Mereka hanya membayangkannya," cetus Lei, seperti dinukil CNN.



"Xiaomi berbeda. Prioritas kami bukanlah pendapatan, bukan keuntungan, atau pangsa pasar. Kami fokus pada pembuatan produk yang bisa membuat pengguna terpukau," katanya.



CEO Xiaomi tersebut uniknya memang seringkali terlihat seperti Steve Jobs. Ia sering memakai setelan celana jins biru dan kaus polos hitam dalam melakukan presentasi, seperti Steve Jobs.



Namun cara kedua perusahaan dalam melakukan pendekatan pasar di China sama sekali berbeda. Produk Xiaomi jauh lebih terjangkau. Xiaomi bahkan memperbaharui sistem operasi Android di produknya setiap pekan.



"Model bisnis kami lebih mirip dengan Amazon. Kami menjual semua produk kami secara online dan tingkat keuntungan kotor kami sangat rendah," jelasnya.



"Kami membuat keuntungan melalui konten dan layanan. Harga produk kami sepertiga dari Apple," klaim Lei.



Produsen yang diramal bakal menjulang bersama Oppo, produsen China lainnya tersebut baru-baru ini bahkan sukses mencomot salah satu eksekutif Android di Google, Hugo Barra.



Barra akan menjadi elemen penting Xiaomi dalam menjangkau pasar internasional di masa depan. [mor]





Source:Tablet Android

0 comments "Pantaskah Orang Ini Disebut The Next Steve Jobs?", Read or Post Comments

Post a Comment