Remaja Nyaris Beli Server Wikileaks di Ebay

Technology -

Headline

YahooTrend, Lisbon - Seorang remaja 17 tahun membeli server yang sempat digunakan Wikileaks seharga US$33 ribu. Namun karena ia memakai akun Ebay milik ayahnya tanpa izin, pembelian pun dibatalkan.



Remaja yang tidak disebutkan namanya tersebut menawaran delapan kali pada periode pelelangan yang dilakukan di Ebay selama 10 hari. Ia memulai tawaran dari US$10.200 dan akhirnya memenangkannya dengan tawaran akhir US$33 ribu.



Server Dell PowerEdge R410 itu dilelang penyedia layanan internet Swedia, Bahnhof. Server tersebut digunakan WikiLeaks untuk data sensitif, termasuk sejumlah dokumen perang Irak yang terkenal. Namun Wikileaks mengklaim sudah menghapus data rahasia itu.



Bahnhof mengatakan server ini adalah bagian dari 'Historical Curiosity', dan hasil penjualannya akan disumbangkan ke sejumlah organisasi nirlaba. Tetapi WikiLeaks mengatakan bahwa Bahnhof tidak meminta izin pada mereka tentang pelelangan ini.



Bahnhof kemudian menanggapi dengan mengatakan bahwa mereka tidak perlu meminta izin karena WikiLeaks hanya menyewa servernya, seperti dinukil TheRegister.



Ketika ayah dari remaja tersebut mendengar kabar mengejutkan ini, ia bahkan tidak bisa berkata-kata. "Anak saya baru berusia 17 tahun dan gila tentang teori konspirasi," ujar sang ayah. [mor]





Source:Tablet Android

0 comments "Remaja Nyaris Beli Server Wikileaks di Ebay", Read or Post Comments

Post a Comment